Catatan Malam

Note 1:
Kalesan. Aku menemukan banyak manusia yang terdampar dalam kubangan masa lalu, menghabiskan waktu selama bertahun-tahun untuk meratapi kenangan, dan mengabaikan semua hal tentang masa depan yang seharusnya mereka lanjutkan. Mereka adalah orang-orang yang bermimpi akan mendapatkan seperiuk emas di ujung tangga pelangi, tetapi ketika sampai di ujung terjauh, yang mereka temukan hanyalah setumpuk keripik jagung.  
Di antara manusia-manusia itu, ternyata ada aku. Bertahun-tahun menjadi manusia yang terpuruk di antara kepedihan dan masa lalu. Bertahun-tahun terus menunggu dan selamanya menunggu kepulanganmu. Akan tetapi, di tengah-tengah perjalanan, tiba-tiba aku terbangun dan yang kutemukan hanyalah usia yang terus merambat, sedang kamu tidak pernah pulang sampai batas waktu yang dijanjikan. Kalesan, aku menyerah dan memilih berdamai dengan hidup.
Note 2:
Minggu kemarin aku pergi menyaksikan pertunjukan penari Thailand, Snavidsong, yang tengah melakukan putaran terakhir swan lake di atas dance floor. Dia menari-nari indah seperti seekor angsa yang tengah menderita akibat kehancuran cinta. Bergerak dengan hati yang terpecah-pecah. Begitu menyesakkan, seolah-olah butir keringat yang merembes dari pori-pori tubuhnya pun terasa amat menyakitkan.
Mengingat tentang tarian swan lake membuatku teringat pada kisah seekor angsa ajaib, Rosemary, dalam komik The Duck of Mr Fredward. Rosemaryadalah angsa yang dikirimkan Tuhan untuk menyelamatkan Kevin Fredward dari kehancuran-kehancuran hidupnya. Kisah yang sangat romantis dan mengharukan. Tetapi tentu saja, aku tak akan berlaku seperti orang gila yang mengharapkan seekor angsa ajaib akan mendatangi kehidupanku.
Hidupku sudah cukup bahagia dengan keadaan yang sekarang. Saban hari aku mulai menjalani kesibukan kerja seperti biasa. Lalu pada setiap akhir pekan, ketika tak ada kesibukan lain, aku memilih pergi ke beberapa coffee shop untuk menikmati segelas cokelat hangat dan beberapa cemilan ringan. Kadang pula aku menyempatkan waktu untuk untuk bergabung dengan beberapa kawan di beberapa tempat hiburan malam. Demikianlah kehidupanku yang sekarang.